Piala Dunia 2018 sudah menyelesaikan seluruh pertandingan pertamanya tadi malam plus pertandingan kedua untuk Russia dan Mesir, dimana hasil-hasil yang terjadi diluar dari yang diunggulkan pasaran bursa di luar negeri sana.

Jepang melawan Kolombia dibebani dengan status tim Asia yang belum pernah menang melawan tim dari Amerika Selatan di Piala Dunia, ditambah lagi Wakil asia lainnya Arab Saudi dan Korea selatan sudah mengalami kekalahan terlebih dahulu. Adapun Iran memenangkan pertandingan melawan Maroko dengan kondisi yang terkurung serangan dan bisa mencetak gol melalui gol bunuh diri di satu-satunya serangan mereka di babak kedua.

Baru menit ketiga terjadilah bencana untuk Kolombia karena pemainnya terkena kartu merah langsung sekaligus kartu merah pertama dalam piala dunia kali ini, dan akhirnya mendapat penalti yang diselesaikan dengan dingin oleh Shinji Kagawa. Hal tersebut membuat Jepang menjadi percaya diri namun ternyata Kolombia pun tidak kalah tetap percaya dirinya karena pelatih merea tidak mengganti pemainnya untuk mengisi lubang yang ditinggalin dan hasilnya melalui tendangan bebas mereka mampu mencetak gol penyeimbang.

Babak kedua Jepang terlihat semakin tau bagaimana menekan dan membuat kolombia harus bertahan total, walau sudah memasukan James Rodrigues dan Bacca tetap tidak mampu membuat pelayana prima kepada falcao. Yang ada justru melalui tendangan penjuru Jepang akhirnya mampu mencetak gol kemenangan, jarang-jarang tim asia bisa mencetak gol dari sundulan kepada tim luar asia. Kemenangan ini selain menjadi kemenangan tim asia pertama melawan tim amerika selatan juga semakin menunjukkan progress dan keandalan tim Jepang saat ini yang tidak bisa dianggap enteng lagi.

Pertandingan selanjutnya Polandia juga awalnya diunggulkan atas Senegal, apalagi belum ada negara Afrika yang memenangkan pertandingan sebelumnya. Apa yang terjadi? Ternyata Senegal tampil rapat keras dan cepat sehingga memaksa Polandia salah tingkah terbukti dari gol pertama yang di cetak dari deflect/own goal dari pemain Polandia.

Lewy terlihat kesulitan menembus pasukan kekar dari Senegal di belakang begitupun juga Milik dan pemain-pemain tengah lainnya. Malahan ditengah mengejar ketinggalan di babak kedua malapetaka terjadi karena adanya miskomunikasi dan kelalaian melihat niang yang memang sudah dipersilakan wasit masuk kembali ke lapangan setelah mendapat perawata cedera langsung mengejar bola nemu dari pemain polandia dan dengan kecepatannya menceploskan bola ke gawang kosong.

Sementara di partai ketiga Rusia X Mesir menjadi dinanti karena Rusia ingin membuktikan kalau kemenanga pertama mereka bukan hanya karena lawannya Arab Saudi tetapi mereka memang mampu bermain apik, sementara Mesir ini partai hidup mati bagi mereka dimana Salah akan ditampilkan dari pertama.

Babak pertama pertandingan tidak ada gol, tetapi di babak ke 2 ada 3 gol berentetan terjadi untuk Rusia yang pertama adalah gol bunuh diri baru Mesir dan 2 gol lainnya dicetak pemain yang sama di pertandingan pertama yang sama-sama ketika itu masuk sebagai pemain pengganti.. Setelah tiga gol barulah Mesir mendapatkan gol dari titik penalti melalui Mo Salah., yang kemudian menjadi gol terakhir di pertandingan ini.

Rusia untuk pertamakalinya setelah sekian lama berhasil memenangkan 2 pertandingan beruntun di Piala Dunia, meloloskan diri ke babak selanjutnya dan sebaliknya Mesir setelah puluhan tahun tidak lolos ke Piala Dunia Nampak masih harus beradaptasi lagi dengan persaingan keras yang ada di level tertinggi turnamen sepakbola antar negara ini.

Semakin sulit memprediksi pertandingan-pertandingan yang ada, kita akan lihat hari ini 3 pertandingan Portugal X Maroko; Uruguay X Arab Saudi; Spanyol X Iran.

 

VS