Brasil Resmi Ditangani Eks Pelatih Timnas AS yang Bergelimang Medali Olimpiade

0

Langkah tepat diambil Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) setelah menunjuk mantan pelatih timnas wanita Amerika Serikat, Pia Sundhage, sebagai nakhoda baru timnas Brasil.

Pia Sundhage akan mengisi kursi pelatih yang ditinggalkan oleh Owaldo Alvarez, yang sebelumnya dipecat karena gagal memberi prestasi pada Piala Dunia Wanita 2019.

Kini, tugas berat yang menanti Sundhage ialah mengawal pasukan Samba untuk bersinar di Olimpiade 2020.

Langkah itu dinilai tepat karena wanita berusia 59 itu memiliki rapor cukup mentereng selama menjadi nakhoda timnas wanita Amerika Serikat sepanjang 2008 hingga 2012.

Sepanjang empat tahun masa kerjanya itu, Sundhage sukses mempersembahkan dua medali emas Olimpiade, yakni pada Olimpiade 2008 Beijing dan Olimpiade 2012 London.

Setelah itu, ia memutuskan untuk mengabdi pada negaranya, Swedia.

Selama melatih timnas Swedia, Sundhage sukses mengantarkan anak asuhnya meraih medali perak pada Olimpiade 2016, termasuk menumbangkan timnas Amerika Serikat lewat adu penalti pada babak perempatfinal.

“Saya sangat senang mendapat kesempatan ini. Brasil adalah negara sepak bola yang fantastis, penuh dengan pemain-pemain bertalenta. Saya tak sabar ingin segera bekerja dengan mereka,” ujar Sundhage, dilansir dari Svensk Fotboll.

“Timnas Brasil berada di fase menarik saat ini. Setidaknya, kamu membutuhkan pergantian generasi setelah sukses lolos ke Olimpiade pada tahun depan,” katanya melanjutkan.

Pelatih timnas wanita Brasil, Owaldo Alvarez, telah resmi didepak dari kursi kepelatihan. Kabarnya, pemecatan ini merupakan buntut dari kegagalan Brasil pada Piala Dunia Wanita 2019.

Pasalnya, timnas wanita Brasil hanya mampu melaju hingga babak 16 besar. Pada fase itu, Negeri Samba kalah 0-2 dari timnas Prancis yang berstatus sebagai tim tuan rumah.

Kepastian soal pemecatan pria yang akrab dengan sapaan Vadao itu diumumkan secara resmi oleh Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) pada Senin, (22/7/2019).

Share.

About Author

Leave A Reply