Menjadi pemain profesional esports adalah dambaan semua pemain. Demi meraihnya, ada banyak nomor juga yang tersedia di dalam cabang olahraga elektronk itu. Namun jika patokannya adalah pendapatan, maka Dota 2 adalah permainan yang paling menjanjikan saat ini.

Hal ini terlihat jelas dalam daftar pendapatan tertinggi yang pernah diraih para pemain profesional esports. Seperti dirilis dari situs Esportsearning.com, ada 38 dari 40 pemain esports dengan pendapatan tertinggi adalah para player Dota 2.

Daftar pendapatan ini dihimpun Esportsearning.com berdasarkan informasi hadiah uang yang dipublikasikan di internet, artikel berita, posting-an forum, laporan langsung, wawancara, pernyataan resmi, database terpercaya, VOD, dan sumber yang dapat diakses publik lainnya.

Pemain dengan pendapatan tertinggi di esports saat ini dipegang oleh pemain Dota 2 asal Jerman dari tim Natus Vincere (NAVI), Kuro “KuroKy” Takhasomi.

Sepanjang karier, pemain berusia 26 tahun itu telah berhasil mengumpulkan hadiah uang sebesar US$4.235.426 (sekitar Rp59,5 miliar), di mana 99,96% dari pendapatannya itu diraih selama bermain Dota 2.

Sisanya ia dapatkan dalam permainan Artifact dan Defence of the Ancient atau Warcraft III.

Pendapatan terbesar yang pernah ia raih didapat saat menjuarai The International 2017 (TI7) bersama Team Liquid sebesar US$2.172.536 (sekitar Rp30,5 miliar).

Sementara di posisi kedua ditepati oleh andalan utama Team Liquid dari Jordania, Amer “Miracle-” Al-Barkawi, dengan total pendapatan US$3.799.837 yang semuanya ia dapatkan sebagai pemain Dota 2.

Di peringkat ketiga ditemati pemain Dota 2 dari Denmark yang kini bermain untuk Cloud9, Johan “N0tail” Sundstein sebesar US$3.765.555 yang sebagian besar ia raih ketika meraih kesuksesan bersama OG Esports di The Internatonal 2018 (TI8).

Hal ini menunjukkan bahwa event The International selalu menjanjikan hadiah uang yang sangat menggiurkan. Bahkan untuk edisi 2019 (TI9), hadiah uang yang telah terkumpul dari sistem croud funding Battle Pass itu telah kembali memecahkan rekor dengan menembus angka US$26,5 juta!

Sedangkan dua pemain di luar Dota 2 yang terselip di antara 40 pemain berpendapatan tertinggi dunia adalah Andreas “Xyp9x” Hojsleth dan Peter “dupreeh” Rasmussen yang merupakan pemain Counter-Strike: Global Offensive.

Keduanya pun duduk di peringkat ke-39 dan 40 dalam daftar tersebut dengan raihan hadiah sekitar US$1,4 juta.

Untuk melihat daftar pemain esports dengan pendapatan tertinggi dunia, bisa di akses melalui LINK INI.