Persib Catat Sejarah Baru, Juara Liga 1 Putri 2019

0

Persib Bandung Putri  keluar sebagai juara Liga 1 Putri 2019 setelah mengalahkan Tira Persikabo Putri 3-1 (agg. 6-1) dalam leg kedua babak final di Stadion Pakansari Bogor, Sabtu (28/12/2019). Tiga gol kemenangan Persib Bandung Putri dicetak oleh Nurul Inayah (14′), Febriana Kusumaningrum (33′), dan Reva Oktaviani (64′).

Tira Persikabo, yang ketinggalan 0-3 secara agregat, memulai laga dengan permainan terbuka. Inisiatif serangan langsung dilancarkan oleh skuat asuhan Dzulkifli Bashari ini. Pertandingan baru berjalan kurang dari sepuluh menit, Tira Persikabo sudah menebar beberapa ancaman. Setidaknya ada tiga peluang berbahaya yang nyaris menjadi gol.

Terlalu fokus menyerang, Persib Bandung Putri yang bermain di bawah tekanan justru mampu mencetak gol lebih dulu. Adalah Nurul Inayah yang membawa Persib Bandung Putri memimpin 1-0 pada menit ke-14. Berawal dari proses serangan balik, tendangan terukur pemain yang akrab disapa Uyung ini mampu mengelabui kiper Tira Persikabo, Thasza Amelia.

Selepas gol, Persib Bandung Putri makin trengginas. Satu gol kembali diciptakan skuat Putri Biru lewat eksekusi penalti Febriana Kusumaningrum pada menit ke-33. Tira Persikabo memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 melalui gol tendangan Risda Yulianti pada menit ke-39. Paruh pertama ditutup dengan keunggulan sementara PERSIB Putri 2-1 atas Tira Persikabo.

Memasuki babak kedua, permainan mulai berimbang. PERSIB Putri dan Tira Persikabo sama-sama menampilkan permainan lebih terbuka. Tira Persikabo membuka peluang terlebih dahulu melalui tendangan bebas Risda Yulianti. Namun, kali ini sepakan dari sekitar 20 meter itu masih mampu diamankan dengan baik oleh kiper PERSIB Putri, Della Alvyana.

PERSIB Putri balas menekan. Risqi Yanti nyaris menambah keunggulan andai sundulannya pada menit ke-38 tidak menyamping di sisi kiri gawang Tira Persikabo.

Serangan bergelombang Persib Bandung Putri membuahkan hasil. Reva mampu menjauhkan skor menjadi 3-1 pada menit ke-64. Tendangan keras Reva dari dalam kotak penalti tak mampu dibendung oleh kiper Tira Persikabo.

Unggul 3-1 membuat Persib Bandung Putri semakin nyaman memainkan bola. Permainan sentuhan dari kaki ke kaki diperagakan skuat asuhan Iwan Bastian (Ibas). Perubahan skema lalu dilakukan oleh Ibas di menit-menit terakhir. Pemain bertipikal bertahan, Desy Amelia dimasukan mengganti Mila Nur Karmila di menit ke-80.

Tira Persikabo terus melakukan percobaan. Namun, ketangguhan barisan pertahanan PERSIB Putri membuat skor 3-1 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir

Share.

About Author

Leave A Reply