Pelatih Genflix Aerowolf Bicara Soal Kesuksesan Pelatih Mobile Legends Asing di MPL Indonesia

0

Jelang bergulirnya turnamen Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 6, bakal ada lima dari delapan tim yang bersaing di ajang tersebut menggunakan pelatih asing. Hal ini menjadi sebuah fenomena baru di MPL Indonesia.

Selain EVOS Legends dan RRQ Hoshi yang sudah terlebih dahulu menjadi tim MPL Indonesia yang menggunakan pelatih asing, kini langkah tersebut diikuti oleh Aura Esports, Bigetron Alpha, dan ONIC Esports.

Pada preseason MPL Indonesia Season 6, Aura Esports secara resmi mengangkat sosok yang identik dengan game Dota2, Sean “Hades” Goh, sebagai pelatih baru sebelum diikuti oleh Bigetron Alpha mengangkat Ariff “Amoux” Iswandi. Kedua pelatih tersebut juga berasal dari Singapura, sama seperti Zeys bersama EVOS Esports dan James Chen di kubu RRQ Hoshi.

Terakhir, ONIC Esports mengangkat pelatih asal Taiwan yang sebelumnya aktif di scene Arena of Valor Asia yang juga pernah menangani tim Saudara E-Sports, Chen “Somber” Po-Heng.

Sementara tim-tim lain yang masih menggunakan pelatih dari dalam negeri adalah Geek Fam ID bersama Nafari, Regi NasiUduk di kubu Alter Ego Esports, serta Adi Syofian Asyauri alias Acil sebagai pelatih Genflix Aerowolf.

Melihat fenomena ini, Acil memberikan pendapatnya. Kepada ONE Esports ia mengungkapkan bahwa pelatih asal Indonesia memiliki kualitas yang sama, hanya saja mungkin kuran gmendapat hormat dari para pemain.

“Saya merasa aneh karena yang jago Mobile Legends kebanyakan dari Indonesia. Tapi mungkin klasifikasi menjadi coach tidak mudah. Anda harus bisa memposisikan diri pada banyak sisi. Mulai dari penengah, menjadi idol para player, dan mungkin orang Indonesia banyak yang belum ngerti,” ucap Acil kepada ONE Esports.

“Mungkin para pelatih asing ini lebih mengerti dan mendapat hormat dari para player. Padahal tak menutup kemungkinan coach Indonesia lebih baik, tetapi tidak mendapat respek dari para pemain,” tuturnya.

Dalam dua musim terakhir di MPL Indonesia, para pelatih asing memang berhasil menjadi yang terbaik, Zeys berhasil membawa EVOS Legends menjuarai MPL Season 4 dan Mobile Legends World Championship 2019 (M1), sementara James Chen mengantarkan RRQ Hoshi menjuarai MPL Season 5 dan MPL Invitational 4 Nation Cup.

Share.

About Author

Leave A Reply