Vietnam Pastikan Esports Ikut Dipertandingkan di SEA Games 2021 Hanoi

0

The Southeast Asian Games Federation serta Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam sebagai penyelenggara SEA Games 2021 Hanoi kini telah memastikan bahwa esports akan menjadi salah satu cabang yang ikut dipertandingkan dalam multievent olahraga terbesar di asia Tenggara tersebut.

Kepastian ini muncul setelah sebelumnya The Southeast Asian Games Federation baru menyertakan 36 dari total 40 cabang olahraga yang akan dikut dipertandingkan di SEA Games 2021 Hanoi, di mana saat itu esports belum menjadi bagian di dalamnya pada Juli 2020. Baru tiga bulan setelahnya usai mendapat persetujuan dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, empat cabang lainnya yaitu esports, triathlon, bowling, dan jiu-jitsu akan ikut dipertandingkan.

Esports pertama kali hadir sebagai cabang olahraga medal event di ajang multievent olahraga pada SEA Games 2019 Manila. Saat itu, cabang esports mempertandingkan enam nomor game online, yaitu Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, Tekken 7, Starcraft, dan Hearthstone.

Pada gelaran tersebut, Filipina sebagai tuan rumah berhasil mendominasi cabang esports dengan raihan tiga medali emas untuk nomor Mobile Legends, Dota 2, dan Starcraft II. Sementara Indonesia hanya membawa pulang dua medali perah, masing-masing dari nomor Mobile Legends dan Arena of Valor.

SEA Games 2021 akan diselenggarakan oleh di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, pada 21 November 2021.

Share.

About Author

Leave A Reply