Demi Terus Lahirkan Bibit Baru, Garena Resmikan FFML Season III dengan Format Baru

0

Konsisten menggelar turnamen dan inisiatif esports di Indonesia sejak 2015, kini Garena kembali menggelar turnamen Free Fire Master League (FFML) Season III. Berbeda dengan sebelumnya, kini FFML hadir dengan format dua divisi berbeda.

Hadirnya dua divisi ini dilakukan agar FFML Season III dapat mempersiapkan generasi atlet esports dan talenta baru di game Free Fire berikutnya demi mengharumkan nama bangsa di kemudian hari.

“Dalam dua tahun terakhir, atlet esports nasional telah membuat Indonesia bangga dengan memenangkan berbagai turnamen olahraga bergengsi seperti juara dunia di Free Fire World Cup (FFWC), Free Fire Asia Invitational (FFAI), dan meraih posisi 3 besar di Free Fire Continental Series (FFCS),” ucap Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh.

“Dengan puluhan juta penonton dan pemain yang menyaksikan berbagai kompetisi bergengsi ini, harapannya dapat menginspirasi talenta baru di dunia esports untuk mengasah skill dan bakatnya lebih baik lagi. Untuk melahirkan bibit unggul atlet esports kebanggaan Indonesia #ReadyTheMasters, Garena kembali adakan Free Fire Master League Season III di 2021. Lewat skema dua divisi nasional, dukungan pendanaan bagi tim maupun sistem turnamen berjenjang dan berkelanjutan yang kami susun, Garena berkomitmen terus mendukung ekosistem esports sebagai olahraga prestasi di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan merah putih di ajang global,” tuturnya.

Target lebih banyak atlet muda esports yang dikembangkan #ReadyTheMaster, turnamen FFML dirancang tak hanya ditujukan pada Pro-Player, tetapi juga menjadi wadah persiapan kompetisi esports bagi para talenta baru.

Khusus untuk Divisi 1, Garena akan berikan dukungan konkret senilai Rp8,6 miliar di sepanjang 2021 untuk pemain esports dari 18 tim yang bertanding pada FFML Season III sebagai insentif pembinaan. Sedangkan Divisi II dihadirkan untuk menjadi jenjang kompetitif di Indonesia bagi para talenta-talenta baru untuk terjun ke dunia atlet profesional. Secara total untuk Divisi 1 dan Divisi 2, Garena mempersiapkan total hadiah sebesar Rp1,5 miliar untuk pemenang FFML Season III.

Acara pembukaan Free Fire Master League Season III yang digelar melalui virtual ini juga turut dihadiri oleh Gatot S. Dewa Broto selaku Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Ia pun sangat berharap bahwa esports bisa menjadi cabang kebanggaan bangsa.

“Selain industri yang sangat potensial, lewat esports di Indonesia kami berharap munculnya bibit-bibit atlet unggul yang dapat mengharumkan nama bangsa. Terlebih lagi bahwa Garena telah menyediakan wadah bagi atlet-atlet esports dari Indonesia hingga dapat bertanding di kompetisi tingkat dunia dimulai dari FFWC 2019 hingga FFCS 2020 yang baru-baru ini dilakukan,” ucap Gatot.

“Hal ini menunjukkan kebolehan esports sebagai olahraga prestasi secara Nasional dan Global. Untuk itu kami terus mengapresiasi peran dunia usaha dalam urusan bidang olahraga, salah satunya Garena yang secara konsisten selama ini membangun ekosistem esports di Indonesia lewat berbagai turnamen dan inisiatif, termasuk Free Fire Master League Season III. Hal ini sejalan dengan kebijakan Kemenpora tahun 2020-2024 untuk pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan,” tuturnya.

Sejalan dengan misi Pemerintah, Garena juga terus berkolaborasi dengan pemangku kepentingan di industri esports tanah air dalam pembinaan atlet. Beberapa diantaranya Youth National Esports Championship 2019 dengan Piala Menpora, kemudian Piala Presiden Esports 2020 dan baru saja bersama-sama Kemenpora, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PB Esports, menyelenggarakan Piala KONI Esports 2020 dan Piala Pelajar 2020.

Pertandingan FFML Season III akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 19.00 – 22.00 WIB sejak 16 Januari – 27 Februari 2021 untuk Divisi 1 dan setiap hari Rabu dan Kamis pukul 19.00 – 22.00 WIB sejak tanggal 13 Januari – 18 Februari 2021 untuk Divisi 2.

Share.

About Author

Leave A Reply