DPI eps. 421 – Timo Scheunemann: Sepak Bola bukan hanya soal Uang

0

Perselisihan ESL dan UEFA masih berlanjut meskipun ESL dipastikan ditunda. Episode kali ini merupakan lanjutan debat terbuka antara Coach Justin dan Coach Timo mengenai hal tersebut.

Timo Scheunemann atau lebih akrab Coach Timo, berpendapat akibat kejadian-kejadian tersebut, muncul solidaritas dari pecinta sepak bola. Menurutnya, dunia sepak bola tidak bisa disamakan dengan pasar olahraga Amerika.

“Mereka fans MU walaupun benci yang lain tapi peduli, ada solidaritas di sepak bola yang sulit untuk dijelaskan. Jadi kembali bukan hanya soal uang,” kata Coach Timo.

“Saya bukan anti uang, saya cuman bilang uang itu bukan segalanya kalau dalam sepak bola. Jadi kalau dibilang kita harus digenjot seperti Amerika, beda. Kita bukan Amerika, ini sejarahnya beda banget,” lanjut Coach Timo.

Justinus Lhaksana atau lebih akrab Coach Justin, menanggapi Coach Timo dengan berpendapat bahwa Amerika bisa dijadikan bahan untuk membuka mata dunia sepak bola. Menurutnya, UEFA sebenarnya paham cara Amerika dalam meraup keuntungan, namun UEFA tidak transparan.

“Gua tidak pernah bilang juga ngikutin Amerika, Gua hanya bilang kita bisa belajar bahwa J.P. Morgan bilang pasaran NFL 5 kali dari Champions League itu harusnya membuka mata kita,” ucap Coach Justin.

“Dan kalau gua bilang, UEFA itu tahu. Mereka sangat paham kalau pasar itu banyak, tapi cuman dikasih 80 juta. Sedangkan di celengan mereka ada puluhan ratusan miliar yang gak dibagi-bagi saat pandemi. Kenapa? karena mereka tidak transparan,” pungkasnya.

Share.

About Author

Leave A Reply