NostalBola Eps. 10 – Djaka Susila: Wartawan Non-Bola yang Bisa Meliput Piala Dunia

0

NostalBola Episode ke-10 kali ini, Papi Ropan sebagai host membawa kembali wartawan sepakbola yang pastinya sarat akan pengalaman. Kali ini dirinya membawa seorang Editor in Chief Sindo yang sudah 23 tahun berkecimpung di dunia media, ialah Djaka Susila.

Seperti diketahui, Djaka adalah seorang wartawan yang merangkap pada beberapa pos. Artinya, dia tidak melulu menulis tentang sepakbola. Sosial, politik dan lain sebagainya ia tulis di Sindo kala itu.

“Karena dari dulu ketika turun ke media, hobi olahraga kan sejak SD. Ketika masuk ke media minta di pos olahraga gak dikasih-kasih,” katanya.

Uniknya lagi, ia adalah salah satu wartawan non-bola yang tidak mendapatkan akreditasi, tapi bisa berangkat ke Jerman untuk meliput Piala Dunia 2006.

“Kalo Piala Eropa itu umroh, dan Piala Dunia itu naik haji dan untuk bisa umroh juga haji kan seorang wartawan olahraga, saya bukan wartawan olahraga. Artinya non-muslim tapi bisa naik haji mungkin itu,” katanya.

“Waktu itu bahkan saya dapat tugas itu pengembangan daerah koran Sindo di tahun 2005. Tapi redpel saya waktu itu mengetahui saya bahwa punya passion dan bisa menulis bola dengan baik, saya diminta berangkat, padahal saya gak punya akreditasi. Yang punya akreditasi itu Titis Widiatmoko,” lanjutnya.

“Surprise-nya adalah koran Sindo waktu itu baru berumur satu tahun langsung dapet dari FIFA,” tandasnya.

Share.

About Author

Leave A Reply