IndepthBola Eps. 11 – Formasi ini Bikin Inter Mempertahankan Scudetto?

0

Pada IndepthBola episode kali ini, Bayu Eka Sari, atau lebih akrab disapa Bang Bes akan menganalisis salah satu tim Liga Italia. Bang Bes akan menganalisis taktik juara bertahan Serie A, Inter Milan bersama pelatih barunya, Simone Inzaghi, secara komprehensif.

Ditinggal Antonio Conte, Inter bergerak cepat dengan mendatangkan Simone Inzaghi. Seperti saat melatih Lazio, Inzaghi menggunakan formasi 3-5-2 di Inter Milan.

Dilihat dari komposisi pemain, Samir Handanovic masih dipercaya mengawal mistar gawang. Trio bek tengah diisi Milan Skriniar, Stefan de Vrij, dan Alessandro Bastoni. Marcelo Brozovic menjadi jenderal lapangan tengah, ditopang Nicolo Barella dan Hakan Calhanoglu. Sayap kiri masih diisi Ivan Perisic, sedangkan sisi kanan diisi Matteo Darmian. Edin Dzeko diandalkan sebagai ujung tombak, didukung oleh Lautaro Martinez di posisi penyerang lubang.

Ketika pemain Inter menguasai bola, Inter memiliki kecenderungan membangun serangan dari bawah dengan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki. Kemampuan distribusi bola yang baik dari Samir Handanovic, membuatnya menjadi titik awal saat Inter hendak membangun sebuah serangan. Ketiga bek tengah Inter, melakukan pergerakan di sekitar kotak pinalti untuk memudahkan distribusi bola dari Handanovic.

Saat bola berada di lini pertahanan, dua pemain sayap Inter, Perisic dan Darmian, akan turun untuk menjemput bola. Jika dua pemain sayap Inter dikawal lawan, bek tengah Inter yang mempunyai kemampuan menggiring bola seperti Bastoni, akan menggiring bola ke tengah sebelum mengalirkannya ke gelandang Inter.

Brozovic yang menjadi gelandang tengah berperan sebagai penyeimbang tim. Gelandang Inter lainnya akan bermain dengan formasi yang dinamis, mereka sering melakukan pertukaran posisi dengan penyerang-penyerang Inter sehingga menyulitkan lawan ketika akan melakukan pengawalan.

Saat kehilangan bola, gelandang box-to-box Inter seperti Barella dan Calhanoglu, akan mengawal daerah half-space. Hal tersebut memudahkan mereka untuk melakukan intersep operan-operan lawan.

Share.

About Author

Leave A Reply