Kisah Unik nan Mistis Herry Kiswanto Saat Perkuat Timnas Indonesia

0

Pada Kualifikasi Piala Dunia 1986 Meksiko, Timnas Indonesia nyaris lolos ke putaran final. Saat itu Indonesia kalah dari Korea Selatan di Putaran Kedua Zona B Asia Kualifikasi Piala Dunia 1986.

Herry Kiswanto adalah kapten Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 1986. Berikut ini adalah rangkuman wawancara eksklusif Herry Kiswanto, persembahan dari JEBREEETmedia TV.

Indonesia melaju ke putaran kedua setelah mengungguli Bangladesh, India, dan Thailand sebagai juara subgrup III B. Di babak selanjutnya, Indonesia menghadapi raksasa sepak bola Asia kala itu, Korea Selatan. Herry menceritakan pengalaman unik nan mistis saat hendak berlaga bersama Timnas.

“Saya disuruh masuk ruangan, ada minyak dan segala macam, ada dua orang pintar (dukun) di situ. Dari nama sampai riwayat saya ditulis semuanya. ‘Udah lah, nanti sore lancar mainnya,’ kata orang pintarnya,” ucap Herry.

“Saya disuruh buka baju, waktu itu saya tinggal pakai celana pendek. Saya tanya ini apa maksudnya? ‘itu untuk nanti kita kasih bantuan dari ya ada lah bantuan’ kata orang pintarnya,” sambung Herry.

“Ini pelatih Om Sinyo gak tahu nih, kalau tahu ngamuk. Saya juga gak ngerti kenapa ada hal seperti ini. Saya disuruh tengkurap terus saya dibacain doa sama dicipratin air putih, terus disuruh terlentang,” lanjutnya.

“Begitu merem dipukul karate perut saya 3 sampai 4 kali, tapi hasilnya kita menang 3 kali, kalah 2 kali.” tandasnya.

Herry Kiswanto kemudian berharap Timnas Indonesia bisa melampaui prestasi Timnas generasinya. Ia berharap Indonesia kembali menjadi Macan Asia di bidang sepak bola.

“Saya beruntung lah ya di tim ini, bisa ikut dengan teman-teman jadi bisa sukses itu sangat beruntung lah. Nanti semoga ada tim yang lebih (sukses) dari generasi saya,” tutup Herry.

Share.

About Author

Leave A Reply