Awal Karier Firzie Idris di Dunia Sportscaster, dari Jurnalis Merambah ke dunia Broadcasting

0

Firzie Idris merupakan seorang penggiat sepak bola di bidang jurnalistik. Saat ini dirinya merupakan seorang asisten editor di Kompas.com.

Namanya sempat melambung kala dirinya mendapat kesempatan untuk bisa bekerja di klub Liga Inggris, yakni Manchester City. Saat itu Firzie Idris ditempatkan menjadi Media Executive.

Sebelum masuk ke Manchester City, Firzie Idris merupakan bagian dari Tabloid Bola. Bahkan di sana dirinya merupakan jurnalis yang sudah beberapa tahun bekerja di sana.

Selepas berakhir mengakhiri kerja di Manchester City, dirinya kembali ke Bola dan juga di beberapa media online milik Kompas Gramedia.

Sebelum masuk Manchester City Firzie Idris sudah pernah merambah dunia sportscaster. Saat itu dirinya memulai di dunia sportscaster pada tahun 2010. Tugas pertamanya yakni di Liga Perancis di tv nasional.

“Emang dari tahun 2010/2011, di Liga Perancis, O Channel dan waktu itu baru pertama belajar dan dapat kesempatan jadi komentator.

“Waktu itu lagi kerja di tabloid besar juga, yaitu tabloid Bola. Waktu itu Liga Perancis, yg masih antah berantah. Belum kaya sekarang ada Messi, Neymar dan lain-lain,” jelasnya kepada Jebreeetmedia.com

Beruntung, Tabloid Bola diisi komentator-komentator kondang sehingga karier Firzie Idris pun menyerap ilmu dari para seniornya.

“Jadi waktu itu setiap malam Minggu mulai dari sana, siaran dua pertandingan sehari. Belajar banyak dari sanalah.

“Terus di kantor juga banyak komentator-komentator senior andalan, seperti Bang Weshley Hutagalung, Mas Aried Natakusuma, Sapto Haryo, Dwi Widijatmiko.

“Ya, dari senior-senior itu gue belajar banget,” ucapnya.

Selepas pulang dari Manchester City, Firzie Idris kembali ke dunia sportscaster dengan mengisi talkshow seputar dunia olahraga. Sampai pada 2021 Firzie Idris masuk ke JebreeetMedia pada tahun 2021.

“Waktu itu sempat belajar di luar dan pas balik siaran pertama itu masih jadi talkshow olahraga di Berita Satu, itu juga di sana ketemu juga senior-senior.

“Terus banyak siaran di Talk Show dan masuk Jebreeet itu udah lumayan lama saat di April atau Mei tahun 2021,” katanya.

Selepas masuk Jebreeetmedia, keahlian Firzie Idris di dunia Sportscaster terasah lagi karena ada Valentino Simanjuntak dan juga Justinus Lhaksana atau yang biasa dipanggil kochi.

“Di Jebreeet banyak belajar dari Bang Valen dan Kochi. Dari situ tumbuh channel-channel baru dan berkembang dan mencoba lebih baik terus, sehingga akhirnya saya dapet tugas pre-match di Liga Inggris di Moji.

“Abis itu masuk ke Premier League sehingga akhirnya berlanjut ke Piala Dunia seperti sekarang. Sangat beruntung banget bisa mengawal di Vidio dan Champions TV,” tuturnya.

Buah kerja kerasnya pun terasa terbayar setelah banyak orang yang mengunggah dirinya sedang membawakan acara Piala Dunia 2022.

“Seneng banget banyak yang nonton dan kirim-kirim postingan lagi nonton,” tutupnya.

Share.

About Author

Leave A Reply